Alexsa dsn Kamela, di SMA Gwangju, Chonnam Universty, Korea Selatan.
Guru Magetan Menulis

Alexsa, Siswi Smasa Magetan dan Kisah Lawatannya ke Korea Selatan

134Views

Assalaamualaikum warrohmatullah wabbarrokatuh.

Anyeong haseyo!

Perkenalkan!, Nama saya Alexsa Regatra Cleovandita dan saat ini saya masih menjadi murid kelas X  di SMA 1 MAGETAN, Provinsi Jawa Timur.

Di artikel ini, saya akan memberikan kesan tentang pengalaman saya saat mengikuti program pertukaran pelajar ke negera Korea Selatan.

Berkunjung ke Korea selatan atau sering disebut juga negeri ginseng yang termasuk dalam istilah negara-negara Macan Asia adalah pengalaman pertama saya untuk melihat secara langsung cara menanam ginseng di salah satu pabrik pengolah ginseng.  Perlu diketahui bahwa Negara Korea Selatan bisa menjadi negara maju hanya dalam beberapa periode saja.

Kesan awal begitu keluar dari Bandara Internasional Incheon, sudah menunjukkan pada saya bahwa Negara Korea Selatan jauh lebih maju dari Indonesia, yang padahal Mendeklararasikan kemerdekaannya hanya selisih dua hari saja.

Di setiap ruang publik sungguh tertata rapi dan sangat bersih. Dalam berlalu lintas warga Korea juga sangat tertib dan disiplin. Herannya, hampir 5 hari saya berada di Seoul, hanya sekali dua kali saya mendengar suara klakson mobil.

Karena itu, walaupun Seoul merupakan kota metropolitan, suasananya tidaklah gaduh seperti di kota-kota besar seperti Jakarta, Bsndung, Surabaya dan masih banyak lagi.

Hal ini membuat saya heran terhadap Indonesia. Mau tahu kenapa?  Itu karena sumber daya alam Indonesia lebih melimpah ruah dan kemerdekaannya hampir bersamaan dengan Indonesia, yakni  tanggal 15 Agustus 1945, tetapi mengapa Negara Korea Selatan bisa begitu maju dan jauh meninggalkan Indonesia.

Negara Korea Selatan ini sudah berkembang pesat daripada Indonesia dalam banyak sektor, seperti teknologi, budaya, ekonomi, prndidikan dan hal lainnya. Menurut saya, semua itu bisa dilihat karena warga Korea Selatan sangat bekerja keras, disiplin, bersatu untuk mempertahankan jiwa nasionalismenya demi kemajuan negara tersebut.

Saya berharap para penerus bangsa Indonesia bisa membawa negara yang saya cintai dengan segenap hati untuk menjadi negara maju pesat seperti negara-negara lainnya.  Juga, saya sebagai generasi Indonesia berharap untuk bisa menginspirasi negara lain, bukan hanya kita saja yang selalu terinspirasi oleh negara lain.

Sebetulnya ada banyak pengalaman lainnya seperti saat berkesempatan mengunjungi 2 Universitas ternama di Provinsi Gwangju. Chonnam University dan Honam University. Banyak mahasiswa dari Indonesia yang belajar di sini dengan mendapat beasiswa penuh. Gabung dengan mereka, Yuk!?

Sebelum pulang, saya menyempatkan untuk mengunjungi Pulau Nami yang terkenal akan alamnya yang Indah. Juga ke Gyeongbokgun, yaitu Istana Kaisar di mada Joseon, Korea. Dua lokasi itu sering fipakai untuk lokasi syuting Gilm atau drama Korea. Khususnya yang ber-genre Kerajaan atau sejarah

Sekian dulu sedikit kisah pengalaman saya yang sangat seru menurut saya pribadi,karena banyak bertemu teman baru saat pertukaran pelajar di negeri ginseng atau Korea Selatan. Semoga Anda setuju dengan saya nih!

Oh, iya, saya masih sangat ingin untuk mengikuti progam pertukaran pelajar selanjutnya yang diprogramkan oleh Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur.

Hamsaamnida
Wassalamualaikum wr wb.

Alexsa dsn Kamela, di SMA Gwangju, Chonnam Universty, Korea Selatan.

Eko Adri Wahyudiono
Guru SMA 1 Magetan, Jawa Timur

Tinggalkan Balasan