BeritaMGMP Bahasa Inggris

Kenal dan Pisah Para Guru di Pertemuan MGMP Bahasa Inggris SMA Magetan 2024

Mgmp bahasa inggris sma magetan

19Views

Hari Rabu, 29 Mei 2024 telah diadakan pertemuan rutin MGMP Bahasa Inggris SMA se-kab Magetan yang berada di SMAN 1 Sukomoro pada pukul 11.00 WIB.

Ada dua topik utama yang dibahas dalam pertemuan rutin ini, yakni :

  1. Sosialisasi Olimpiade Bahasa Inggris murid antar SMA se-Kab. Magetan.
  2. Pembahasan Joyful Learning ke Kampus dan Sekolah Internasional di Singapura-Malaysia.

Pertemuan dibuka oleh ibu Dina selaku pembawa acara yang merupakan salah satu guru Bahasa Inggris di SMAN 3 Magetan.

Kegiatan yang mengambil tempat di Lab. Biologi SMAN 1 Sukomoro ini merupakan pertemuan rutin yang dihadiri oleh semua Bapak/Ibu guru mata pelajaran Bahasa Inggris pada tingkat SMA se-Kab. Magetan.

Akan tetapi karena adanya kegiatan yang mungkin bersamaan dengan kegiatan yang diagendakan maka ada beberapa di antara mereka yang terpaksa harus izin tidak bisa bergabung pada pertemuan kali ini.

Akhirnya pertemuan hanya dihadiri oleh 23 guru tingkat SMA se-kab. Magetan yang terdiri dari Bapak/Ibu Guru mata pelajaran Bahasa Inggris.

Guru-guru yang bisa hadir berasal dari SMAN 1 Magetan, SMAN 2 Magetan, SMAN 1 Maospati, SMAN 1 Sukomoro, SMAN 1 Parang, SMAN 1 Barat, SMAN 1 Plaosan, SMAN 1 Karas, dan SMA IIS PSM Magetan.

Pertemuan dilanjutkan dengan adanya pengarahan dari Kepala SMAN 1 Sukomoro, yaitu Bapak Suratno, M.Pd selaku Pembina MGMP Bahasa Inggris SMA Magetan.

Beliau menyampaikan tentang harapan perihal keaktifan anggota MGMP sehingga mampu menjadi wadah yang inspiratif bagi seluruh anggotanya maupun di luar keanggotaan.  Oleh karena itu, beliau berharap pertemuan rutin MGMP ini harus selalu digalakkan.

Sama halnya dengan sambutan dari Ibu Masning Suaidah, M.Pd selaku Ketua MGMP  Bahasa Inggris juga menyampaikan bahwa tujuan utama terbentuknya tim MGMP Bahasa Inggris ini adalah untuk saling berbagi ilmu dan juga menjadi tempat solusi atas semua permasalahan yang muncul dalam kebutuhan pembelajaran maupun kebutuhan peningkatan kompetensi dari anggotanya, khususnya tentang pengisian platform merdeka mengajar.

Beliau juga menyampaikan terkait kegiatan yang akan dilaksanakan oleh MGMP Bahasa Inggris Matraman (Zona 4) wilayah Madiun yaitu workshop “On creating Interantive Learning Media Using AI Fir Teachers” bagi Bapak/Ibu guru Bahasa Inggris yang akan dilaksanakan pada tanggal 15 Juni 2024 di SMAN 1 Madiun.

Selain itu, beliau juga berharap tim MGMP ke depannya mampu membuat sebuah modul sendiri yang sesuai dengan CP pada Kurikulum Merdeka sehingga bisa dipakai oleh siswa.

Kegiatan dilanjutkan dengan sosialisasi terkait rencana pelaksanaan Olimpiade Bahasa Inggris tingkat SMA.

Bapak Awang Indra Suwardi, S.Pd dari SMA IIS PSM Magetan selaku ketua Pelaksanaan kegiatan Olimpiade menyampaikan bahwa Olimpiade akan dilaksanakan pada bulan Agustus 2024, tepatnya pada hari Rabu tanggal 7 Agustus 2024 dan berada di SMAN 1 Sukomoro.

Dalam perencanaannya, kegiatan Olimpiade Bahasa Inggris tingkat SMA ini bisa diikuti minimal 75 siswa yang terdiri dari perwakilan masing-masing sekolah tingkat SMA baik dari negeri maupun swasta.

Demi kelancaran kegiatan, tim MGMP bekerjasama dengan Widya Mandala selaku pihak ketiga agar Olimpiade yang diadakan bisa tetap berjalan dengan adil dan tida ada kecurangan.

Selanjutnya, Bapak Drs. ko Adri Wahyudiono, Dipl. TEFL dari SMAN 1 Magetan selaku ketua pelaksanaan kegiatan Joyful Learning Sekolah di luar negeri menyampaikan terkait rencana studi banding ke sekolah internasional di Malaysia dan Singapore yang akan dilaksanakan sekitar akhir bulan Agustus 2024.

Beliau menyampaikan bahwa kegiatan ini memiliki manfaat yang luar biasa bagi peningkatan kompetensi dan wawasan Bapak/Ibu guru Bahasa Inggris. Harapan dari pelaksanaan kegiatan ini adalah Bapak/Ibu mampu memberikan pengalaman yang terbaik bagi siswa dan siswinya sehingga dapat meningkatkan kualitas Bapak/Ibu guru sendiri serta siswa.

Di hari yang cerah tersebut, Tim MGMP Bahasa Inggris mendapatkan 4 anggota baru yang merupakan Bapak/Ibu guru PPPK dan GTT. Yakni Bapak Nur Syamsi dari SMAN 1 Karas, Bapak Robi Setiawan dari SMAN 1 Magetan, Ibu Reny Nurlaili Septiana dari SMAN 1 Magetan, serta ibu Elsa yang merupakan GTT dari SMAN 1 Kawedanan.

Hal ini mendapatkan sambutan yang meriah dari Bapak Ibu guru tim MGMP Bahasa Inggris SMA di kab. Magetan. Akan tetapi, dibalik adanya anggota baru dengan sangat terpaksa kami harus melepas Bapak Joni Siswo Irwanto, M.Pd sebagai guru senior Bahasa Inggris yang berasal dari SMAN 1 Magetan karena beliau sudah memasuki masa purna tugas.

Dengan penuh haru dan tangis, Bapak Joni menyampaikan bahwa sangat berat bagi beliau meninggalkan sekolah, teman maupun siswa. Beliau sangat  berharap meskipun beliau sudah purna tetapi silaturahmi tetap terjaga.

Selamat purna tugas Bapak Joni, semoga selalu diberikan kesehatan, umur yang barokah dan dikelilingi kebahagiaan. (Ditulis oleh Reny Nurlaili- EAW)

 

Eko Adri Wahyudiono
Guru SMA 1 Magetan, Jawa Timur

1 Komentar

Tinggalkan Balasan