Pengawas

Pemateri dari Dua Pengawas SMA di MGMP Bahasa Inggris Kab. Magetan

64Views

Dalam dua agenda pertemuan yang diadakan dalam waktu dan tempat yang bersamaan pada hari Kamis, tanggal 21 April 2022 telah menghadirkan dua orang pengawas SMA yang membahas materi yang berhubungan dengan dua topik bahasan :

  1. Pembinaan MGMP Bahasa Inggris SMA, Kab. Magetan Cabang Dinas Pendidikan Wil. Ponorogo, 2022.
  2. Revitalisasi MGMP Lintas Mata Pelajaran SMA Kab. Magetan. Cabang Dinas Pendidikan, Wil. Ponorogo, 2022.

Kegiatan yang mengambil tempat di Aula SMA Negeri 1 Magetan tersebut bertepatan dengan Peringatan Hari Kartini, 2022, dibuka secara resmi oleh Ibu Lena, M.Pd., selaku Kacabdindik Prov.Jawa Timur untuk wil. Ponorogo dan Magetan. Semangat Kartini juga terasa mewarnai kegiatan yang disampaikan oleh kedua pengawas SMA dari Cabang dinas pendidikan.

Dalam pengarahannya, Bapak Empu Bayudi, S.Pd, M.Pd. selaku pengawas SMA, sangat menekankan kepada bapak dan ibu guru peserta MGMP, baik mapel bahasa Inggris maupun lintas mata pelajaran untuk membangun kerjasama dalam bidang pengajaran, penguasaan media pembelajaran berbasis IT dan mencermati aplikasi pembelajaran antar sesama guru SMA di kabupaten Magetan dan Ponorogo yang menjadi wilayah tugasnya.

Sedangkan, Ibu Nurhayati Retnaningtyas, S.Pd, M.M, memberikan penjelasan tugas dan fungsi jabatan pengawas kepada seluruh peserta. Jabatan Pengawas pada intinya adalah tetap guru dengan tugas tambahan yang melekat seperti halnya seorang Kepala sekolah. Tugas pembinaan, pengarahan dan pengawasan akan peningkatan kualitas dari murid, guru dan mutu lembaga sekolah adalah prioritas utama.

Materi terakhir yang disampaikan beliau berdua selaku pengawas SMA adalah pentingnya akses platform merdeka mengajar. Aplikasi yang bisa di-download secara gratis itu dipandang sangat bermanfaat bagi bapak dan ibu guru dalam mempersiapkan diri untuk mengajar saat Kurikulum Merdeka mulai diterapkan di sekolah di pertengahan tahun 2022.

Eko Adri Wahyudiono
Guru SMA 1 Magetan, Jawa Timur

Tinggalkan Balasan