Cabang Dinas

LENA, M.Pd. : Semangat Kartini demi Pendidikan Anak Negeri

90Views

Ibu Lena.  Begitulah nama panggilan akrab beliau. Mudah diingat, tutur kata yang lembut dan senyum ramahnya pada setiap bapak dan ibu guru di setiap agenda pertemuan dan pengarahan.  Beliau dilahirkan di Kota Migas, yaitu Bojonegoro pada tanggal 1 Juli 1980. Meskipun berkecimpung di dunia pendidikan, beliau merupakan anak kedua dari pasangan orangtua yang berkecimpung di dunia wirausaha.

Saat ini, Ibu Lena, menduduki jabatan sebagai Kepala Kantor Cabang Dinas Pendidikan  Provinsi Jawa Timur untuk Wilayah Ponorogo dan Magetan sejak bulan Januari 2022.  Sungguh jabatan yang prestisius dan membanggakan. Dengan usia yang masih muda, namun sudah banyak prestasi dan jabatan yang pernah beliau peroleh. Mulai dari Juara 1 GTK Berprestasi tk. Nasional 2017, Sekretaris AKTAS (Asosiasi Kepala Tenaga Administrasi Sekolah), Pembina Sumber Daya Manusia di  AKTAS tk. Provinsi Jawa Timur dan banyak lagi prestasi lainnya di tingkat regional Provinsi maupun nasional.

Penghobi olahraga bersepeda, senam aerobik, renang dan juga olah vokal ini dikaruniai 2 putra dengan mottonya yang luarbisa, yaitu: “Semangat Berkarya, Berinovasi dan Raih Prestasi”. Semangat kartini dalam diri beliau terpancar saat memberikan arahan di depan 2 Pengawas SMA, 15 Kepala  SMA Negeri/ Swasta, 50 guru dan 20 pengurus MGMP Lintas Mata Pelajaran Kab. Magetan dan juga MGMP Bahasa Inggris Kab. Magetan pada tanggal 21 April 2022 yang bertempat di Aula SMA Negeri 1 Magetan.

Dalam kesempatan itu, beliau yang didampingi oleh Bapak Eko Budi Santoso, S.Sos, M.M,  Kasi SMA Cabang dinas pendidikan wil. Ponorogo, menekankan akan pentingnya  berkolaborasi antar individu guru mata pelajaran, guru lintas mata pelajaran dan selalu berinovasi dalam pembelajaran demi peningkatan mutu pendidikan di wilayah Cabang pendidikan di mana beliau memimpin, agar guru dan anak didik mampu menghadapi tantangan yang semakin berat di masa depan.

Juga tidak kalah pentingnya meminta semua sekolah untuk siap mengimplementasikan Kurikulum Merdeka yang rencananya akan dimulai pada tahun ajaran baru di bulan Juli 2022. Disamping mengajak semua kepala sekolah untuk menggerakkan para guru menjadi sosok guru professional melalui program guru Penggerak (PGP).

Profil Pelajar Pancasila juga ditekankan oleh beliau agar mampu dimiliki oleh semua anak didik khususnya di Magetan dan Ponorogo, serta mengingatkan pentingnya kompetensi yang harus dimiliki anak didik demi menghadapi persaingan di dunia kerja dan global.

Pesan terakhir beliau pada para guru dan kepala sekolah di hari Kartini 2022 itu, adalah Pentingnya semua persiapan semua insan pendidik untuk ikut serta dan berkompetisi di ajang GCC (GTK Creative Camp) yang diadakan setiap tahun. Lomba seperti Indie Movie (film pendek), Kewirausahaan, Video Pariwisata, Bahasa Inggris, Daur ulang limbah, Literasi, Pustakawan dan lainnya harus dimiliki oleh para guru sehingga banyak guru kreatif akan tampil dari Magetan dan Ponorogo.

Eko Adri Wahyudiono
Guru SMA 1 Magetan, Jawa Timur

3 Komentar

Tinggalkan Balasan