MGMP Matematika

Pelatihan Pemodelan Matematika dalam Memfasilitasi Siswa Siap AKM Bagi Guru Matematika SMA di Kabupaten Magetan

84Views

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat merupakan kegiatan rutin setiap tahun yang diadakan oleh program studi Matematika Unesa. Tahun ini kegiatan tersebut diadakan di Kabupaten Magetan yang terdiri dari 13 kelompok PKM terbagi dalam 5 kelompok SD, 5 Kelompok SMP, 1 Kelompok SMK, dan 1 Kelompok SMA. Pelaksanaan kelompok SMA yang bekerja sama dengan MGMP Matematika Tingkat SMA dilaksanakan di SMA Negeri 2 Magetan pada tanggal 22 Juli 2023 dengan judul kegiatan “Pelatihan Pemodelan Matematika dalam Memfasilitasi Siswa Siap AKM Bagi Guru Matematika SMA di Kabupaten Magetan”.

Kegiatan dilaksanakan di SMA Negeri 2 Magetan dan dibuka oleh Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Ponorogo Magetan bapak Supardi S.H., M.Pd. yang didampingi oleh Kepala Sekolah SMA Negeri 2 Magetan bapak Suroso S.Pd., M.Pd. yang juga merupakan Pembina MGMP Matematika Kabupaten Magetan dan berlangsung lancar sesuai dengan tujuan diadakannya kegiatan PKM. Dalam sambutannya, kepala cabang dinas pendidikan wilayah Ponorogo Magetan mengungkapkan bahwa kegiatan seperti ini sudah seharusnya dilaksanakan secara berkesinambungan terutama untuk mengatasi dampak dari penyebaran virus corona yang mengakibatkan banyaknya loss learning baik dari sisi guru maupun siswa.

Tim PKM Matematika SMA beranggotakan Dr. Abadi, M.Sc., Dr. Dian Savitri, M.Si. dan Rudianto Artiono, M.Si. Materi pelatihan yang disampaikan terkait dengan pemodelan matematika dan penggunaannya dalam modul ajar berbasis Kurikulum Merdeka. Kegiatan dilaksanakan dari pukul 08.30 hingga pukul 12.00 di aula SMAN 2 Magetan secara umum berjalan lancar. Kegiatan lanjutan dari PKM dilaksanakan secara daring baik secara synchronous pada tanggal 1 Agustus 2023 dan dilanjutkan secara asynchronous hingga berlangsungnya sesi presentasi kelompok pada tanggal 12 Agustus 2023.

 Selama kegiatan yang berlangsung kurang lebih satu setengah bulan (kombinasi luring dan daring synchronous/asynchronous) para guru matematika SMA yang tergabung dalam MGMP Matematika SMA di Kabupaten Magetan di bawah kordinator bapak Susmono S.Pd., M.Pd mengikuti rangkaian kegiatan PKM dengan sangat antusias hingga berakhirnya acara.

Pada sesi penutupan, ibu Endri Purnowowati, S. Pd. perwakilan dari peserta menyampaikan terima kasih dan kesannya bahwa para peserta telah mendapatkan ilmu yang bermanfaat tentang bagaimana pemodelan matematika dan penyusunan modul ajar dengan materi yang berupa penerapan pemodelan matematika.

Tinggalkan Balasan