MGMP Bahasa Inggris

MGMP BAHASA INGGRIS TETAP BERKOMITMEN INOVATIF DI PEMBELAJARAN DARING SELAMA PANDEMI COVID-19

328Views

Setelah sekian waktu kegiatan pertemuan rutin yang dilakukan, para guru SMA se Kabupaten Magetan yang tergabung MGMP Bahasa Inggris kembali melakukan pertemuan tatap muka pada hari Selasa, tanggal 16 Maret 2021.

Seperti sudah kita ketahui bersama,semenjak mewabahnya pandemi virus Corona di seluruh dunia dan mengakibatkan semua aktifitas menjadi berubah dan harus segera menyesuaikan diri untuk menata agenda kerja, termasuk juga kegiatan pertemuan rutin di MGMP Bahasa Inggris Kabupaten Magetan.

Kegiatan yang dibuka oleh bapak Supardi, S,Pd, M.Pd selaku Pembina MGMP Mata pelajaran Bahasa Inggris, sekaligus sebagai Kepala SMA Negeri 1 Magetan berjalan dengan lancar. Beliau berpesan kepada para guru bahasa Inggris untuk tetap dan selalu meningkatkan kemampuan diri dalam menjalankan tugas mengajar dikarenakan masa pandemi Covid-19 ini belum terlihat pasti kapan usainya. Juga, para guru diminta untuk saling berkoordinasi, saling berbagi ilmu dan tetap berusaha mencari terobosan dalam peningkatan hasil belajar akademis seluruh anak didik, khususnya mapel Bahasa Inggris di Kabupaten Magetan. Bapak ibu guru juga dihimbau untuk selalu  waspada menjalankan aktifitas dengan mematuhi prrrotokol kesehatan.

Sedangkan sambutan Kepala Cabang Dinas Pendidkan Provinsi Jawa Timur, Drs. H. Nurhadi Hanuri, M.M, yang dalam hal ini diwakili oleh Pengawas SMA, Yaitu Bapak Empu Bayudi, M.Pd dan Ibu Nurhayati Retnaningtyas, S.Pd, M.Pd.  Pada prinsipnya, mereka berdua sangat mendukung penuh kegiatan seperti yang dilakukan oleh MGMP Bahasa Inggris Kabupaten Magetan. Apalagi di dalam kegiatan pertemuan kali ini juga diadakan bimbingan untuk para guru yang hadir bagaimana penulisan soal AKM (Asesmen Kompetensi Minimum) untuk mata pelajaran bahasa Inggris yang sesuai dan benar. Sosialisasi E-KTSP juga diinformasikan kepada seluruh peserta untuk sekolah di Kabuutan Magetan.

Drs. Eko Adri Wahyudiono, Dipl.TEFL, selaku ketua Bahasa Inggris sangat memberikan apresiasi kepada bapak dan ibu guru yang sudah menyempatkan hadir tatap muka pada kegiatan  MGMP Bahasa Inggris yang diadakan di Ruang Pertemuan MGMP di SMA 1 Magetan.  Beliau juga melaporkan kepada Pembina MGMP Bahasa Inggris bahwa beberapa bapak dan ibu guru bahasa Inggris belum bisa hadir dikarenakan ada tugas menjadi panitia atau pengawas ujian di sekolah masing-masing.

Selanjutnya, materi AKM yang mengarah kepada penulisan soal HOTS (Higher Order Thinking Skills) disampaikan oleh pemateri, Ibu Drs. Soekristin, M.P.d dari SMA Negeri 1 Sukomoro, Magetan. Beliau berbagi pengalaman selama menjadi penulis soal EHB-USP (Evaluasi Hasil Belajar- Ujian Satuan Pendidikan) tingkat Provinsi Jawa Timur di Surabaya.

Pertemuan yang dihadiri oleh bapak dan ibu guru sekaligus mewakili 11 dari 14 SMA Negeri – Swasta se-kabupaten Magetan adalah sebagai berikut :

  1. SMA Negeri 1 Magetan
  2. SMA Negeri 2 Magetan
  3. SMA Negeri 3 Magetan
  4. SMA Negeri 1 Plaosan
  5. SMA Negeri 1 Sukomoro
  6. SMA Negeri 1 Parang
  7. SMA Negeri 1 Barat
  8. SMA Negeri 1 Kawedanan
  9. SMA IIS PSM Magetan
  10. SMA Ar Roshidah, Magetan
  11. SMA Panca Bhakti, Magetan

Diakhir kegiatan ketua MGMP Bahasa Inggris, Magetan  menyampaikan hasil evaluasi MGMP Bahasa Inggris Tingkat Propinsi untuk setiap MGMP Bahasa Inggris Kodya dan Kabupaten Se Jawa Timur. Juga ditegaskan bahwa iuran wajib per anggota MGMP Bahasa Inggris Kabupaten Magetan sebesar Rp. 25.000.

Agenda bersama dalam acara diskusi, perlu adanya pengadaan kaos untuk seta anggota MGP Bahasa Inggris Magetan yang ditangani oleh Bapak Awang, M.Pd dari SMA IIS PSM, Magetan.  Hal itu diupayakan bila mengadakan kegiatan pertemuan yang bersifat outdoor.

Ikrar bersama diluncurkan bahwa para guru yang tergabung di MGMP Bahasa Inggris tetap akan menjalin kekompakan dan kebersamaan serta selalu komitmen inovatif untuk meningkatkan kualitas diri dan anak didik terutama di masa pembelajaran daring di masa pandemi. Covid-19.

Salam

Eko Adri Wahyudiono
Guru SMA 1 Magetan, Jawa Timur

Tinggalkan Balasan